Perempuan dan Pentingnya Menjaga Kendaraan Tetap Optimal | Your Favorite Devil's Advocate
article

Perempuan dan Pentingnya Menjaga Kendaraan Tetap Optimal

Minggu, Juli 28, 2024

Perempuan dan Pentingnya Menjaga Kendaraan Tetap Optimal

“Cewek tuh cuma tau make doang, tapi gak bisa ngerawat.”

Pernah gak sih dengar celotehan kayak gitu di media sosial atau bahkan dunia nyata kalau udah bersinggungan dengan otomotif? Sebagai perempuan, agak jengkel. Namun, ya, enggak akan menyelesaikan apa pun kalau hanya sekadar rasa kesal yang diutamakan, dong? Maka, memutuskan untuk mengubah apa yang asing menjadi lebih bisa dimengerti kayaknya adalah opsi paling bijak untuk merespon hal ini.

Well, dalam dunia otomotif, menjaga kondisi kendaraan adalah hal yang sangat penting; baik untuk keamanan maupun kinerja. Nah, salah satu aspek krusial dari perawatan kendaraan adalah mengganti oli secara rutin. Jujur, ya, memang sering lupa, sih. Namun, kita mesti berubah ya, Girls! Buat kamu yang kesehariannya menggunakan sepeda motor, mengganti oli motor secara berkala itu penting, kenapa tuh?

Pentingnya mengganti oli motor

Oli motor tuh berfungsi sebagai pelumas bagi berbagai komponen mesin. Nah, saat mesin bekerja, gesekan antara bagian-bagian logam di dalamnya akan menghasilkan panas. Oli membantu mengurangi gesekan tersebut. Sehingga, mesin tidak hanya bekerja lebih efisien, tetapi juga lebih tahan lama. Selain itu, oli juga membersihkan kotoran yang mungkin menumpuk di dalam mesin dan melindungi bagian-bagian penting dari korosi.

Seiring berjalannya waktu, oli motor akan mengalami penurunan kualitas karena paparan suhu tinggi dan kotoran yang terakumulasi. Ketika oli yang sudah lama digunakan dan tercemar, maka tidak dapat memberikan pelumasan yang efektif dan bisa menyebabkan kerusakan serius pada mesin. Contoh kerusakan yang mungkin ditimbulkan adalah keausan yang berlebihan, penurunan performa, sampai kerusakan total pada mesin. Ngeri banget, kan?

Perempuan juga harus aktif dalam perawatan motor!

Kepedulian terhadap kendaraan yang kita pakai dalam keseharian merupakan salah satu bentuk mencintai diri sendiri juga. Sebab, dengan demikian kita akan mengurangi risiko bahaya akibat kerusakan kendaraan dalam perjalanan. Memahami cara merawat motor bukan hanya bermanfaat secara praktis, tetapi juga menambah pengetahuan dan keterampilan. Ini adalah langkah positif dalam memberdayakan diri dan menjadi lebih mandiri dalam hal perawatan kendaraan. Ya, mengurangi ketergantungan kepada pihak lain juga, ygy. Dan, bisa lebih meningkatkan kepercayaan diri ketika apa yang kita gunakan adalah sesuatu yang kita pahami dengan benar.

Kalau dilihat dari segi ekonomis, perawatan yang teratur dapat mencegah kerusakan besar yang memerlukan biaya perbaikan yang tinggi. Dengan rutin mengganti oli motor, kita dapat memperpanjang umur mesin dan menghemat uang dalam jangka panjang. Enggak perlu dikit-dikit pergi ke bengkel untuk perawatan besar deh jadinya. Ini merupakan sebuah skill yang wajib dimiliki oleh perempuan, ya gak sih?

Dan yang paling penting; dengan menunjukkan kepedulian terhadap perawatan kendaraan, perempuan dapat membantu mengubah stereotip yang menganggap bahwa hal-hal terkait otomotif adalah kegiatan maskulin yang hanya diperuntukkan bagi laki-laki.

Perempuan dan Pentingnya Menjaga Kendaraan Tetap Optimal

Belajar mengganti oli motor sendiri, yuk!

Mengganti oli motor tuh sebetulnya bukan hal yang terlalu rumit, tetapi memerlukan perhatian pada beberapa langkah penting. Nah, simak deh beberapa langkah penggantian oli motor di bawah ini:
  • Mempersiapkan alat dan bahan. Pertama, pastikan dulu kita memiliki oli motor yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan yang kita gunakan. Contohnya, aku pakai motor Honda Supra X 125, maka aku harus pakai oli Supra X 125 seperti X-TEN 10W40 dan X-TEN 20W50. Selanjutnya, yang perlu dipersiapkan adalah filter oli yang baru, serta alat-alat seperti kunci pas, corong, dan wadah untuk menampung oli bekas.
  • Panaskan mesin. Kita harus memanaskan mesin selama beberapa menit untuk membuat oli lebih encer dan mudah dikeluarkan. Namun, jangan biarkan mesin terlalu panas agar tidak terbakar saat mengganti oli. Catat, ya!
  • Kuras oli lama. Letakkan wadah penampung di bawah mesin, buka baut pembuangan oli, dan biarkan oli lama mengalir keluar sepenuhnya. Setelah itu, pasang kembali baut pembuangan dan kencangkan.
  • Ganti filter oli. Lepaskan filter oli lama menggunakan kunci filter, lalu pasang filter oli yang baru dengan tangan hingga rapat.
  • Tuangkan oli baru. Gunakan corong untuk menuangkan oli baru ke dalam mesin sesuai dengan kapasitas yang dianjurkan. Periksa level oli menggunakan dipstick dan tambahkan jika diperlukan.
  • Periksa kembali. Setelah selesai, periksa area sekitar mesin untuk memastikan tidak ada kebocoran, dan pastikan level oli sudah sesuai. Bagian ini mesti lebih teliti, ya.
DAN, SELESAI! Udah kok, gitu aja sebetulnya. Agak tricky sih, tapi masih dalam ranah yang bisa diatasi. Namun, kalau kepercayaan diri masih kurang untuk mengganti oli motor sendiri, ya sudah percayakan aja kepada yang ahli. Bawa kendaraan kesayanganmu ke Planet Ban, abrakadabra masalah sudah tidak terdeteksi lagi. Enggak apa, belajarnya bertahap. Yang penting kepeduliannya sudah ada. Semangat!






Tabik!



Pertiwi

You Might Also Like

5 komentar

  1. Cakeup penjelasannya. Langsung jadi ngerti! Otw ganti oli kaaah...

    BalasHapus
  2. Wih, thanks banget tiw! Setelah aku baca langkah-langkah ganti oli, jadi ga takut ditipu-tipu lagi kalau bawa motor ke bengkel. Bisa sambil perhatiin apa udah benar atau belum langkah-langkah yang diaplikasikan montirnya ke motor aku 😍🫶🏻

    BalasHapus
  3. sebagai manusia yang setengah hidupnya dihabiskan merantau, hal seperti mengurusi motor apalagi ganti oli tuh walah, kek nya nyokap pun bakalan nyuruh buat ke bengkel aja.

    tp abis baca ini, kyaknya ga seribet itu juga deh. jd ga perlu harus ke bengkel segala buat ganti oli. ez buat ganti oli semdiri

    BalasHapus
  4. Ternyata ga ribet ya ngeganti oli motor sendiri, makasih ya kak penjelasannya :D

    BalasHapus
  5. BENER! Capek banget dibilang cuma bisa pake doang. Makasih infonya ya, ga susah deh kayanya.

    BalasHapus

Kesalahan orang-orang pandai ialah menganggap yang lain bodoh, dan kesalahan orang-orang bodoh ialah menganggap orang lain pandai. - Pramoedya Ananta Toer